TRANSFORMASI DIGITAL

Menurut saya keadaan saat ini adalah suatu tekanan yg demikian kuat atau suatu pemaksaan agar kita semua segera melakukan Digital Transformation.


Suka atau tidak suka itu yang akan kita hadapi. Akan banyak pekerjaan yang akan di pangkas yang akan di ganti oleh teknologi.

Yang artinya kalau kita tidak memiliki skillset yang yang di butuhkn di era digital ini, kita akan dengan sendiri nya tersingkirkan.

Harus kita fahami, demand pasar akan di rekayasa sedemikian rupa untuk menyesuaikan diri dengan teknologi digital sehingga beberapa bagian dari produksi dan distribusi akan menggunakan teknologi digital.



Akan banyak jenis pekerjaan lama yang segera akan kita ucapkan selamat tinggal dan semakin meningkatnya permintaan pada individu individu yang memilki skill digital.

Sales dan Marketing, sudah ada banyak teknologi yang lebih effektif dan efisien siap mengambil alih kerjaan anda. Receptionist, siap - siap robot mampu menggantikan kerjaan anda, accounting dan finance juga demikian banyak software canggih siap menggantikan anda. Dst dst.

Kantor kantor mewah mungkin tidak lagi banyak di butuhkan karena sekarang team bisa kerja dimana saja secara lebih baik.

Pertanyaan nya sudah siapkah kita semua untuk menghadapi transformasi digital yang ekstrem ini? Sementara berbicara masalah digital saja akan sangat terasa mengganggu comfortable zone anda yang selama ini menyandang predikat professional dan expert.