Tantangan Dalam Manajemen Destinasi



Setelah memperhatikan banyak nya gonjang ganjing di sosial media, forum diskusi dan media cetak tentang beberapa permasalahan yang ada mengenai industri pariwisata , izinkan saya menyimpulkan bahwa hal yang paling sulit yang kita harus bangun adalah membangun kolaborasi yang produktif, efektif dan efisien antara semua stakeholder yang ada.

Keadaan ini dikarenakan perbedaan area bisnis dari stakeholder dan keadaan semakin dipersulit karena setiap organisasi / unit bisnis / stakeholder tidak melihat atau memiliki suatu visi dan misi yang sama dan tidak memiliki gambaran besar dari pariwisata dan manajemen destinasi itu sendiri.


Oleh karena itu, jalan paling sederhana yang relatif bisa kita tempuh adalah menyamakan atau menyatukan visi kita tentang gambaran besar dari program pariwisata sebuah destinasi. Dan yang menjadi permasalahan yang sangat krusial adalah jika masyarakat luas tidak memahami atau tidak bisa merasakan keuntungan ekonomi dari program pariwisata sebuah destinasi karena dapat dipastikan mereka tidak akan berpartisipasi aktif dalam mendukung program pariwisata.


Oleh karena itu sangat perlu suatu inisiatif untuk melakukan pertemuan / seminar / presentasi tentang penting nya menyatukan visi & misi serta tujuan pariwisata sebuah destinasi.

Pertemuan ini menjadi semakin penting untuk mengikat erat lagi secara emosional tiap-tiap individu satu dengan lainnya untuk fokus pada perbaikan usaha-usaha pemasaran Destinasi .


Karena persaingan berbagai destinasi wisata sudah demikian ketat antara satu dengan destinasi lainnya. belum lagi kalau kita lihat persaingan secara nasional apalagi secara global.


Dan untuk memenangkan persaingan ini, saya tekankan bahwa kita harus bisa merumuskan dan menghidupkan Value Proposition destinasi kita, Unique Selling Point / faktor pembeda serta mampu memberikan pengalaman yang sangat mengesankan pada setiap stage / tahap daripada experience / pengalaman.


Karena, bisnis pariwisata itu sangat kompleks, oleh karena itu beberapa hal harus menjadi perhatian semua stakeholder dari tiap-tiap tahap pengalaman seperti ; saat kedatangan, saat pulang, , layanan umum dan lain sebagainya.


beberapa topik yang perlu di bicarakan dalam pertemuan konsolidasi semua stakeholder pariwisata NTB mungkin bisa saya ungkapkan di sini antara lain : 1. Pelatihan, seminar atau Presentasi tentang pariwisata dari beberapa ahli 2. Analisa SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity and Threat ). 3. Research dan hasil dari pada studi tentang Pemasaran Destinasi kita 4. Sosialisasi Program Pemasaran Destinasi dari organisasi atau instansi terkait. 5. Menyiapkan atau mengusulkan rencana Program Pemasaran / Marketing Destinasi yang komprehensif dan integrated.



3 tampilan