Manajemen Destinasi - Pariwisata Masyarakat Desa

Diperbarui: Jul 7


Dalam beberapa kesempatan selalu saya ungkapkan bahwa harus ada suatu badan/organisasi professional yang bisa menangani dan mengelola pasar dalam dua ( 2 ) sisi pasar yaitu sisi supply dan sisi demand.


Selama ini saya perhatikan jauh lebih banyak yg bekerja di sisi supply, ini di tandai dengan tidak lepasnya Pembicaraan pariwisata kita selalu sebatas diskusi pada potensial yang lebih cendrung pada sumber daya alam, yang terus terang saja potensi ini masih barang mentah yang bahkan belum menjadi produk/supply.


Sehingga terbengkalainya potensial ini karena kita tidak mampu menciptakan potensial ini menjadi suatu produk jadi yang mempunyai value proposition.


Dan sangat jarang sekali kita membicarakan sisi Demand atau Permintaan pasar sehingga kita tidak punya rencana pemasaran suatu destinasi yang mumpuni.


Kalau ada beberapa agenda event dari suatu destinasi, itu sebenarnya adalah bagian kecil dari rencana pemasaran.


Pasar haruslah menjadi faktor terpenting sebelum membangun suatu produk. Dan pasar bisa kita targetkan berdasarkan data yg mendukung sehingga kegiatan pemasaran lebih tertarget.


Masyarakat / pemuda penggerak Pariwisata harus di lihat atau di perhitungkan peran mereka dalam proses pemasaran destinasi. Itulah arah baru dari Pariwisata Kita kedepan nya. Karena di era digitalisasi sangat di perlukan ambassador pariwisata digital dari Masyarakat.


Selain itu, keberadaan mereka untuk menampilkan / memperbaharui suatu produk yang authentic akan sangat membantu untuk melahirkan produk yg mempunyai unique selling point.


Lebih jauh untuk pengembangan Destinasi Pariwisata Di perlukan beberapa hal sebagai berikut:


1. Pemuda Penggerak Pariwisata sebagai Ambassador Destinasi.

2. Pembagian Desa Wisata secara Cluster

3. Smarter Tourism dengan dukungan Teknologi Digital.

4. Placemaking sebagai suatu kunci Pemasaran Desa Wisata.

5. Program Pariwisata yang mendukung SDG 2030 ( untuk membangkitkan Purpose Driven Travel).


Terima kasih atas waktu anda membaca tulisan ini, silahkan share jika berguna untuk referensi bagi yang lain.


Salam Pariwisata Masyarakat Pedesaan.


48 tampilan